DERMATITIS NUMULARIS TERAPI


Dermatitis Numularis adalah dermatitis berupa lesi berbentuk mata uang (coin), berbatas tegas, dengan efloresensi berupa papulovesikel. Etiologi masih belum diketahui secara pasti, dan kemungkinan multifaktorial, beberapa sebab yang dicurigai diantaranya kecenderungan kulit yang sangat kering dan faktor kelembapan lingkungan, lokal trauma, berhubungan dengan dermatitis kontak iritan ataupun alergika pada beberapa kasus, insufisiensi vena mungkin dapat berkaitan jika predileksi pada ekstrimitas bawah, paparan dengan mercuri pada pengobatan hepatitis C dengan terapi interferon, pada penggunaan terapi TNF-α blocker, ditemukan pada beberapa kasus giardiasis dan infeksi Helicobacter pylori, stres emosional, sensitif terhadap Candida albicans dan Dermatophagoider farinae.

Keluhan pasien biasanya muncul awal pada kaki atau tangan bagian dorsal dengan rasa gatal yang sangat atau terbakar. Keluhan diperberat saat kondisi panas maupun lembap. Lesi biasanya muncul pada lokasi yang sama atau disekitarnya. Sering pasien memiliki riwayat dermatitis atopik, kulit yang sensitif, atau kulit yang kering sebelumnya. Lesi awal kecil (0,3-1,0 cm) berupa vesikel atau papulovesikel halus yang kemudian bergabung membentuk satu bulatan seperti mata uang (coin lession), berbatas tegas, sedikit edematosa dan eritematosa. Lambat laun vesikel pecah, terjadi eksudasi, dan krusta kekuningan, kemudian dapat melebar. Lesi lama berupa likenifikasi dan skuama. Proses penyembuhan dimulai ditengah, ukuran lesi bisa mencapai garis tengah 5 cm atau lebih. Jumlah lesi dapat hanya satu, dapat pula banyak dan tersebar, bilateral atau simetris, dengan urutan yang bervariasi dari miliar sampai numularis atau bahkan lebih. Tempat predileksi tungkai bawah, badan, punggung tangan dan lengan bawah. Dermatitis numularis cenderung kambuh, bahkan ada yang terus menerus timbul, kecuali dalam periode pengobatan. Lesi kambuh akan muncul pada tempat yang sama. Penatalaksanaan dengan steroid topikal atau oral pada lesi yang luas, preparat tar, pemberian imun modulator, fototerapi (UVB) pada erupsi generalisata, antibiotik oral bila ada infeksi sekunder.

Penanganan / Penatalaksanaan / Pengobatan / Terapi Dermatitis Numularis
Asam Salisilat 3% dalam Desoxymethasone ointment 2,5mg/1g oles tiap 12 jam, Metil prednisolone tablet 4mg tiap 8 jam, Mebhydrolin napadisylate tablet 50mg  tiap 8 jam.

Kesimpulan
Dermatitis  numuralis merupakan penyakit kulit yang berbentuk mata uang dan terjadi kumat-kumatan dengan etiologi yang multifaktorial. Diagnosis ditegakkan dengan menilai anamnesis, dan ujud kelainan kulit.