EPILEPSI GEJALA


Pengertian Epilepsi dan Manifestasi Klinis Epilepsi / Gejala Epilepsi

Pengertian Epilepsi : Epilepsi adalah gangguan kronik otak dengan gejala-gejala yang kompleks dari beberapa gangguan fungsi otak yang cirinya adalah serangan berulang-ulang. Bangkitkan kejang merupakan satu manifestasi daripada muatan listrik yang berlebihan disel neuron saraf pusat. Epilepsi adalah gejala-gejala yang kompleks dari beberapa gangguan fungsi otak yang cirinya adalah serangan berulang. 

Bangkitan kejang merupakan satu manifestasi daripada muatan listrik yang berlebihan di sel neuron saraf pusat. Gangguan ini dapat disebabkan faktor fisiologis, biokimiawi, anatomis atau gabungan ketiganya.
Manifestasi Klinis Epilepsi / Gejala Epilepsi : Epilepsi dapat menjelma sebagai serangan yang sifatnya tergantung pada fungsi bagian otak yang terkena, termasuk jalur-jalur dalam susunan saraf pusat yang dilampaui oleh lepas muatan listrik abnormal. Dengan demikian serangan dapat berupa serangan kejang seluruh badan disertai kehilangan kesadaran (grand mal), dapat berupa serangan kejang salah satu anggota badan tanpa kehilangan kesadaran (epilepsi fokal) serangan seperti melamun (petit mal, absence, lene), serangan kejang otot-otot (miokloni), serangan gerakan otomatis tanpa disadari, halusinasi pengecap dan bau (epilepsi psikomotor), serangan jatuh tiba-tiba (astasi, akinesi) dan sebagainya. Gambaran lengkap suatu serangan perlu diketahui oleh dokter agar dapat ditentukan jenisnya, kemungkinan penyebabnya dan pengobatannya.