Oftalmia Simpatis dan Enukleasi


Oftalmia simpatis dan Enukleasi

Oftalmia simpatis dan Enukleasi mata. Oftalmia simpatis adalah uveitis bilateral yang jarang namun berbahaya yang terjadi setelah periode laten berhari-hari sampai bertahun-tahun setelah cedera tembus sampai ke traktus uvea. Penyebabnya tidak diketahui, tapi mungkin berhubungan dengan hipersensitivitas terhadap pigmen uvea.

Manifestasi Klinis / Gejala dan Tanda Oftalmia simpatis. Pada mulanya mata yang cedera mengalami inflamasi diikuti inflamasi mata yang tidak cedera (simpatis). Bila tidak diterapi, penyakit ini bias berkembang menjadi kebutaan bilateral.
Penatalaksanaan / Penanganan / Pengobatan/ Terapi Oftalmia simpatis. Enukleasi mata yang sudah tidak dapat melihat dalam 10 hari setelah cedera biasanya dianjurakan untuk mengurangi resiko penyakit simpatis pada mata yang lainnya. Tindakan drastic tersebut biasanya tidak dilakukan pada hari saat kejadian cedera. Namun, luka hanya ditutup dan pasien diberi waktu untuk memberikan persetujuan tindakan (informend consent). Pada pasien yang matanya tidak cedera terlalu berat dan yang ada harapan kembalinya penglihatan secara bermanfaat, enukleasi tidak ditawarkan. Bila terjadi oftalmia simpatis, terapi dengan kortikosteroid local dan sistemik dan obat tetes mata dilator. Mungkin perlu diberiakn obat sitostatika.
Enukleasi. Enukleasi adalah pengangkatan seluruh bola mata secara pembedahan. Indikasi prosedur ini adalah luka tembus, kebutaan dengan infeksi rekalsitran (sangat resisten), kebutaan mata yang nyeri yang tidak berespon terhadap terapi obat, dan beberapa tumor terentu pada mata. Prosedur ini dilakukan dengan melakukan insisi konjungtiva, melepaskan otot ekstraokuler, memotong saraf optikus, dan mengangkat mata, otot kemudian direaprosimasi pada bola mata inflan yang dapat menjaga volume orbita. Konjungtiva ditutup, dan pencetak dari plastic diletakkan untuk menjaga kedua forniks kantung konjungtiva selama proses penyembuhan. Setelah sembuh pasien dirujuk ke okularis untuk penganagkatan pencetak (conformer), pengepasan protesis pelatihan penggunaannya. Ada berbagai jenis prosedur penganagkatan mata dan pengambilan keputusan mengenai jenis pembedahannya bergabtung pada derajat keterlibatan okuler dan orbital.
Balut tekan dipasang pasca operasi selama 24 sampai 28 jam untuk membantu mengurangi pembengkakan. Pasca operasi perlu diberiakn salep antibiotika dan steroid. Lender yang terkumpul pada permukaan confermer perlu diirigasi dengan lembut. Kelopak mata harus dijaga tetap bersih. Komplikasi jangka panjang enukleasi bias berupa orbital tenggelam, yang dapat ditangani oleh okularis atau bedah re konstruksi. Komplikasi pembedahan meliputi perdarahan, infeksi, dan ekstrusi inflan.
Pasien yang perlu dienukleasi perlu dukungan emosi dan psikologis yang cukup. Karena mereka tidak lagi memiliki pandangan binokulerl, mereka juga memerlukan bantuan untuk belajar menentukan jarak dengan sisa mata (pandangan monokuler) dan bagaimana bergerak kedepan dengan gerakkan menggeleng (menggerakkan kepala dari kiri ke kanan, menjelajah panorama) untuk mencari hambatan dan benda.