ANESTESI UMUM DENGAN INHALASI

Anestesi umum (general anestesia) adalah suatu keadaan tidak sadar yang bersifat sementara yang diikuti oleh hilangnya rasa nyeri di seluruh tubuh akibat pemberian obat anestesia. Untuk mewujudkan trias anestesi berupa hipnotika, anestesia/analgesia, dan relaksasi dapat diberikan obat anestesi tunggal maupun kombinasi. Anestesi umum dapat diberikan secara intravena atau inhalasi. 

Pramedikasi yang diberikan adalah Sulfat Atropin 50 mg (0,5-1 mg/kgBB) (Intravena) dan Midazolam 2,5 mg (0,07-o,1 mg/kgBB) (Intravena). Selanjutnya dilakukan tindakan preoksigenasi dengan Oksigen masker 6 liter/menit. Induksi anestesia dilakukan dengan pemberian Ketamin 50 mg (1-2 mg/kgBB) (Intravena). Setelah itu diberikan Succinylcolin 50 mg (1-2 mg/kgBB) (Intravena) yang segera setelah itu dilakukan intubasi Endotracheal dan pemberian Oksigen 2-4 liter/menit. Untuk maintenance selama operasi berlangsung diberikan N2O 50%, O2 50%, dan Sevoflurane 2-4 vol % dengan cara inhalasi dengan mesin anestesia. Selama operasi berlangsung, dilakukan monitoring perioperasi untuk membantu ahli anestesi mendapatkan informasi fungsi organ vital selama perioperasi, supaya dapat bekerja dengan aman. Monitoring secara elektronik membantu ahli anestesi mengadakan observasi pasien lebih efisien secara terus menerus. Selama operasi berlangsung juga tetap diberikan cairan intravena RL. Setelah operasi selesai, dilakukan tindakan ekstubasi dan reoksigenasi dengan Oksigen masker 5-7 liter/menit.

Pasien dipindah ke ruang pemulihan dan dilakukan observasi sesuai skor Aldrete. Bila pasien tenang dan Aldrete Score ≥ 8 dan tanpa nilai 0, pasien dapat dipindahkan ke bangsal. Pada kasus ini Aldrete Score-nya yaitu kesadaran 1 (merespon bila nama dipanggil), aktivitas motorik 1 (dua ekstremitas dapat digerakkan), pernapasan 2 (bernapas tanpa hambatan), sirkulasi 2 (tekanan darah dalam kisaran <20% sebelum operasi), dan warna kulit 2 (merah muda). Jadi Aldrete Score pada pasien ini adalah 8 sehingga layak untuk pindah ke bangsal. 

Comments