Syok Anafilaktik


Syok  anafilaktik

Syok  anafilaktik. Syok  anafilaktik disebabkan oleh reaksi alergi ketika pasien yang sebelumnya sudah membentuk anti bodi terhadap benda asing (antigen) mebalami reaksi antigen anti bodi sistemik. Proses ini membutuhkan bahwa pasien sebelumnya telah terpajan pada benda tersebut. Reaksi antigen anti bodi menggerakkan sel-sel mast untuk melepaskan bahan vaso aktif poten seperti hisstamin atau bradiinin, yang menyebabkan vaso dilatasi dan permeabilitas kapiler yang luas. 

Syok anafilaktik terjadi dengan cepat dan mengancam jiwa. Karena syok anafilaktik terjadi pada pasien yang sebelumnya sudah terpajan pada antigen dan yang telah membentuk anti bodi terhadap antigen tersebut, Syok anafilaktik dapat dicegah. Karenanya, pasien dengan alergi yang dietahui harus mengerti makna dari pemajanan beikutnya terhadap antigen tersebut dan di instruksikan tentang penggunaan kedaruratan medikasi untuk mengatasi Syok  anafilaktik.
Penatalaksanaan / Penanganan / Pengobatan / Terapi Syok anafilaktik. Pengobatan syok anafilaktik membutuhkan pembuangan antigen penyebab (seperti penghentian pemberian antibiotic), pemberian obat-obat yang akan memulihkan tonus vascular, dan dukungan kedaruratan fungsi dasar. Epinefrin diberikan secara intravena untuk mendapatkan efek vasokonstriktifnya. Difenhidramin (Benadryl) diberikan secara intravena untuk melawan efek histamine, dengan begitu mengurangi permeabilitas kapiler. Aminofilin diberikan secara intravena untuk melawan bronkospasme akibat histamine.
Jika terdapat ancaman atau terjadi henti jantung dan henti napas, dilakukan resusitasi jantung paru (RJP). Intubasi endotrakheal atau trakheotomi mungkin diperlukan untuk menetapkn jalan naps. Jalur intravena dipasang untuk memberikan akses infuse cairan dan obat-obatan.
Saat memberikan obat baru apa saja, pasien harus diamati terhadap reaksi alergi. Hal ini terutama penting dengan obat-obat yang diberikan melalui intravena. Alergi terhadap penisilin adalah salah satu penyebab yang paling umum dari syok anafilaktik.
Dalam lingkungan rumah sakit, penting artinya untuk mengidentifikasi pasien yang berisiko terhadap reaksi anafilatik terhadap media kontras yang digunakan untuk pemeriksaan diagnostic: mereka yang dikenal baik alergi terhadap yodium atau ikan atau mereka yang sebelumnya telah menunujukkan reaksi alergi terhadap media kontras. Informasi ini harus ditunjukkan padanpetugas X-ray.